Terkini :

  • Salam sejahtera bagi semua. Irini pasi. Selamat datang di Evangelismos Katolik Timur. Kami mensyiarkan Gereja-Gereja Timur yang bersatu dengan Roma; dan ada dalam himpunan Gereja Katolik sedunia. Yaitu Gereja-Gereja Timur yang untuk saat ini tidak tergabung dalam himpunan Gereja-Gereja Ortodoks.
  • Mohon ingatlah seluruh saudara-saudari Kristiani di dalam doa-doa saudara, khususnya mereka yang berada dalam hambatan dan penganiayaan. Salah satu doa yang dapat digunakan dapat dibaca DI SINI
  • Ayo bergabung dengan Page Facebook "Gereja Katolik Timur Indonesia" DI SINI
  • "First Without Equal". Tanggapan terhadap Patriarkat Moskow (Gereja Ortodoks Rusia) tentang Primasi. Terambil dari Situs resmi Patriarkat Konstantinopel (Gereja Ortodoks Konstantinopel) DI SINI. Atau dari Situs resmi Metropolitan Ortodoks Patriarkat Ekumenis di Hong Kong dan Asia Tenggara DI SINI
  • Penjelasan, Antifon, Teks Liturgi Pesta dan Hari Raya penting, dapat ditemukan DI SINI
  • Halaman depan dapat ditemukan DI SINI

Kamis, 14 Maret 2013

“Ordinaris Katolik Timur di Argentina” Menjadi “Paus Roma ke-266”

Foto : The Southeast Alaska Catholic Online (http://akseac.wordpress.com)

Tanggal 13 Maret 2013 jam 19.06 malam waktu Vatikan (atau tanggal 14 Maret 2013 jam 01.06 waktu Indonesia bagian barat), setelah pengambilan suara ke-5, Sidang Konklav telah berhasil memilih Kardinal Jorge Mario Bergoglio meneruskan karya pelayanan St Petrus sebagai Paus Roma ke-266. Nama kepausan yang dipilihnya adalah Paus Fransiskus.



Kardinal Jorge Mario Bergoglio, berumur 76 tahun, merupakan Uskup Agung Buenos Aires, Argentina. Merupakan Paus dari daratan non Eropa pertama di jaman modern. Terakhir kali Paus yang berasal dari daratan non Eropa adalah Paus Gregorius III (Paus ke-90), tahun 730an, yang berasal dari Suriah dan adalah seorang Katolik Timur.

Kardinal Jorge dilahirkan tanggal 17 Desember 1936 di Buenos Aires, dari keluarga imigran Italia. 5 bersaudara, Ia adalah seorang imam Serikat Yesus (Yesuit, SJ). Pernah menjabat sebagai Provinsial SJ di Argentina. Dan merupakan Paus Roma pertama yang berasal dari Ordo SJ. Tahun 1998, ia diangkat menjadi Uskup Agung Buenos Aires. Pada tahun 2001, ia diangkat sebagai Kardinal oleh mendiang YM Paus Yohanes Paulus II.

Kehidupan hariannya dikenal sederhana dan bersahaja. Daripada berdiam di Istana Keuskupan (Wisma Keuskupan), ia lebih memilih berdiam di sebuah rumah yang sederhana. Menolak menggunakan mobil dan supir pribadi, ia lebih memilih menggunakan kendaraan umum. Dikisahkan bahwa ia pun memasak sendiri makanannya.

Suka cita besar pun dirasakan oleh umat Katolik Timur sedunia perihal terpilihnya Kardinal Jorge. Decak syukur banyak berkumandang di forum-forum Katolik Timur. Karena selain elain menjabat Uskup Agung Buenos Aires, ia juga adalah “Ordinaris bagi seluruh umat Katolik Timur di Argentina”. Gereja-Gereja Katolik Timur adalah Gereja-Gereja Ritus Timur yang bersatu penuh dengan Paus Roma dalam Gereja Katolik sedunia. Gereja Katolik sendiri terdiri dari 23 Gereja Partikular, yaitu 1 Gereja Ritus Barat (yang biasa disebut sebagai Gereja Katolik Romawi, Ritus Latin Romawi) dan 22 Gereja-Gereja Ritus Timur (yang biasa disebut sebagai Gereja-Gereja KatolikTimur). Gereja-Gereja Timur lainnya yang saat ini tidak bersatu dengan Paus Roma dan Gereja Katolik biasanya disebut sebagai Gereja-Gereja Ortodoks. Sebagai seorang “Ordinaris bagi seluruh umat Katolik Timur di Argentina”, ia bertanggung jawab mendampingi dan meneguhkan seluruh umat Katolik Timur di Argentina yang belum memiliki hirarki keuskupan milik mereka sendiri. Dan ia menjalankan pelayanannya ini dengan sangat baik.

Menurut pengakuan Bapa D Flamini, seorang imam dari Gereja Katolik Gerika Ukraina (yaitu salah satu dari 22 Gereja-Gereja Katolik Timur) yang berkarya di Argentina, Kardinal Jorge Mario Bergoglio dikenal sangat mendukung dan mengayomi umat-umat Katolik Timur di Argentina. “Ia bagaikan seorang bapa bagi umat-umat Katolik Timur di sini. Ia meneguhkan kami pribadi lepas pribadi, bahkan hingga hari ini setelah ia terpilih sebagai Paus”, demikian pernyataannya kepada Evangelismos Katolik Timur. “Karena dukungannya, maka Gereja Katolik Melkit pada akhirnya memiliki Exarkat Apostolik, yaitu semacam Vikaris Apostolik bagi umat Katolik Melkit di Argentina”, ujarnya, “Sebelum keberangkatannya ke Roma untuk mengikuti Sidang Konklav, ia sempat meminta kami berdoa bagi dia.” Demikian sebagian dari pengakuan Bapa D Flamini yang dapat diberitahukan di sini.

Gereja-Gereja Katolik Timur bukan merupakan hal asing bagi Argentina. Ada setidaknya 4 yuridiksi Gereja-Gereja Katolik Timur di sana, yaitu Gereja Katolik Melkit (Ritus Bisantin), Gereja Katolik Gerika Ukraina (Ritus Bisantin), Gereja Katolik Maronit (Ritus Antiokia), dan Gereja Katolik Armenia (Ritus Armenia).


Foto : www.guardian.co.uk


Ia memiliki prinsip yang menolak dengan tegas terhadap budaya kematian (aborsi dan euthanasia), budaya seks bebas, dan perkawinan sejenis. Serta memperjuangkan dengan teguh keadilan social dan usaha pensejahteraan kaum terpinggir. Semasa kepemimpinannya sebagai Provinsial SJ Argentina, ia memberantas bidaah Teologi Pembebasan dari ordo nya, namun dengan kasih sekaligus tegas. Ia bersama-sama para Uskup Amerika Latin menyerukan agar semua pihak, terutama mereka yang adalah figur publik dan memiliki tanggung jawab publik, untuk tidak menerima komuni kudus jika mereka terlibat ataupun ikut menyuarakan ide-ide yang bertentangan dengan nilai-nilai keluarga dan kemanusiaan.

Marilah kita mendoakan Bapa Suci Fransiskus agar Allah memberkatinya, memberinya kesehatan, menjaganya demi kebaikan seluruh Gereja, agar mampu mewartakan Injil dengan baik dan menggembalakan umat Allah yang dipercayakan kepadanya. Axios! Axios! Axios! (Sungguh pantas! Sungguh pantas! Sungguhlah pantas!)
  


( Ditulis oleh : DCS Evangelismos Katolik Timur. Referensi : http://www.gcatholic.org; http://www.catholic-hierarchy.org; http://www.vatican.va/news_services/press/documentazione/documents/cardinali_biografie/cardinali_bio_bergoglio_jm_en.html; http://en.wikipedia.org/wiki/Ordinariate_for_the_faithful_of_eastern_rite; wawancara dengan Bapa D Flamini 14Maret2013; dan berbagai sumber Katolik Timur. Foto : la stampa  )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar