Terkini :

  • Salam sejahtera bagi semua. Irini pasi. Selamat datang di Evangelismos Katolik Timur. Kami mensyiarkan Gereja-Gereja Timur yang bersatu dengan Roma; dan ada dalam himpunan Gereja Katolik sedunia. Yaitu Gereja-Gereja Timur yang untuk saat ini tidak tergabung dalam himpunan Gereja-Gereja Ortodoks.
  • Mohon ingatlah seluruh saudara-saudari Kristiani di dalam doa-doa saudara, khususnya mereka yang berada dalam hambatan dan penganiayaan. Salah satu doa yang dapat digunakan dapat dibaca DI SINI
  • Ayo bergabung dengan Page Facebook "Gereja Katolik Timur Indonesia" DI SINI
  • "First Without Equal". Tanggapan terhadap Patriarkat Moskow (Gereja Ortodoks Rusia) tentang Primasi. Terambil dari Situs resmi Patriarkat Konstantinopel (Gereja Ortodoks Konstantinopel) DI SINI. Atau dari Situs resmi Metropolitan Ortodoks Patriarkat Ekumenis di Hong Kong dan Asia Tenggara DI SINI
  • Penjelasan, Antifon, Teks Liturgi Pesta dan Hari Raya penting, dapat ditemukan DI SINI
  • Halaman depan dapat ditemukan DI SINI

Minggu, 04 Agustus 2013

Gereja Katolik : Satu Keluarga Dalam Keberagaman



Gereja Katolik Sedunia adalah SATU persekutuan gerejawi, yang terdiri dari 23 Gereja-Gereja Partikular. Ada 1 Gereja Partikular Katolik Barat, yaitu Gereja Katolik Romawi; dan 22 Gereja-Gereja Partikular Katolik Timur. Seluruhnya memiliki Iman yang SATU dan SAMA. Namun cara menyampaikannya, tata caranya, ekspresinya, pendekatan teologinya, spiritualitasnya bisa ber-beda-beda. 


Keberagaman itu diakui dan dilindungi oleh Gereja Katolik. Seluruhnya setara di mata Gereja Katolik. Memang saat ini masih terjadi salah pengertian bahwa Gereja Katolik hanyalah Katolik Romawi. Hal ini dimaklumi karena mayoritas anggota Gereja Katolik sedunia adalah umat Katolik Romawi. Selain itu, pewartaan dan pengajaran yang kurang mengenai keberadaan Gereja-Gereja Katolik Timur membuat mereka seringkali dikira sebagai Gereja-Gereja Ortodoks. Padahal tidak. Sebagian besar Gereja-Gereja Katolik Timur adalah bagian Gereja-Gereja Ortodoks yang memilih bersatu kembali dengan Gereja Katolik. Dengan demikian, untuk saat ini, Gereja-Gereja Katolik Timur bukan merupakan entitas yang sama dengan Gereja-Gereja Ortodoks. Dan bukan pula bagian dari Gereja-Gereja Ortodoks. Sebaliknya, Gereja-Gereja Katolik Timur adalah bagian dari Gereja Katolik sedunia. Kami memiliki Paus yang sama dengan Gereja Katolik Romawi, yaitu Paus Roma.

YM Paus Emeritus Benediktus XVI menyampaikan hal ini sebagai berikut, “Gereja (yang didirikan dan dimiliki oleh) Yesus Kristus bukan hanya terdiri dari tradisi Latin, tidak pula hanya tradisi Yunani, tidak pula hanya tradisi Slavia, melainkan Katolik. Karena itu lah, Gereja Katolik tidak mengistimewakan putra-putrinya apakah ia adalah yang Latin, atau kah yang Yunani, atau kah yang Slavia. Dan anggota dari berbagai macam latar belakang negara adalah setara di mata Tahta Kepausan.”

Foto-foto berikut ini dikumpulkan dari berbagai anggota Tarekat-Tarekat Religius yang berbeda-beda dalam Gereja Katolik. Dan berasal dari Gereja-Gereja Partikular yang berbeda (ada 23 Gereja Partikular dalam Gereja Katolik). Foto-foto ini untuk menunjukkan bahwa Gereja Katolik sesungguhnya adalah suatu keluarga besar yang di dalamnya terdapat keberagaman. Meski berbeda, namun satu dalam Gereja Katolik. Dan dipersatukan pula oleh Paus Roma. Kita semua bersaudara!

Foto-foto ini akan terus ditambah.





 
Dua biarawati dan seorang calon biarawati dari Gereja Katolik Ruthenia (dalam posisi berlutut di bagian depan foto ini) bersama para imam dan suster-suster dari berbagai Tarekat Gereja Katolik Romawi, dalam suatu pertemuan Gereja Katolik (posting : 07.Sept.2014)




Dua suster, seorang calon suster, dan seorang imam (keempatnya dari Gereja Katolik Maronit) bersama dengan seorang Uskup dan seorang biarawan Fransiskan (keduanya dari Gereja Katolik Romawi) berfoto bersama dengan relikwi St Antonius Padua, pada September 2014. (posting : 07.Sept.2014)



Pertemuan persaudaraan sesama komunitas monastik (biara), mengambil tempat di Biara Theofani Suci, pada tanggal 7-8 Agustus 2014. Dalam pertemuan ini, para pimpinan dan perwakilan dari komunitas-komunitas monastik Gereja-Gereja Katolik Timur yang ada di West Coast Amerika Serikat, bertemu untuk beribadat dan berdiskusi bersama. Dalam foto ini, terdapat 5 yuridiksi Gereja-Gereja Katolik Timur : yaitu 4 dari Ritus Bisantin (Biara Para Martir Suci dari Katolik Melkit; Biara Theofani Suci dari Katolik Romania, Katolik Ruthenia; dan Biara Transfigurasi Suci dari Katolik Ukraina) dan 1 yuridiksi dari Katolik Maronit (Biara Yesus Maria Yosef). Tidak beberapa lama (tidak ada dalam foto ini), bergabung pula seorang Abbas (kepala biara) dan beberapa biarawan dari Ordo St Benediktus (OSB) Gereja Katolik Romawi. (posting : 07.Sept.2014)


 
Para Uskup Katolik Timur (Gereja Katolik Yunani Ukraina) dan Para Uskup Gereja Katolik Romawi dalam prosesi Konferensi Waligereja Katolik Amerika dan Kanada. Hirarki Uskup-Uskup Katolik Timur dan Katolik Romawi pada suatu negara biasanya tergabung bersama dalam 1 Konferensi Waligereja Katolik yang sama, tidak terpisah.




Bapa Uskup David Lauren Ricken dari Gereja Katolik Romawi (Keuskupan Green Bay, USA) berfoto bersama dengan Hegumenos Nicholas dari Gereja Katolik Yunani Romania. Bapa Uskup David seringkali mengunjungi dan ikut serta dalam ibadah-ibadah di Biara Kebangkitan Kristus yang dipimpin oleh sang hegumenos (kepala biara). Biara ini terletak di Amerika. Gereja Katolik Yunani Romania adalah salah satu dari 22 Gereja-Gereja Katolik Timur. Menggunakan Ritus Bisantin.




Berfoto bersama : Seorang imam biarawan dari Ordo Fransiskan (Gereja Katolik Romawi) di barisan belakang, mengenakan pakaian kebiaraan berwarna coklat; seorang imam biarawan dari Ordo St Basilius Khourit (Gereja Katolik Melkit); dan 2 suster. Sebelah kiri yang mengenakan lengan putih adalah seorang suster dari tarekat Antonin St Antonius Agung (Gereja Katolik Maronit); dan suster di sebelah kanannya adalah dari tarekat St Basilius Ekaristi (Gereja Katolik Maronit). Para religius Gereja Katolik dapat mengikuti sekolah dan seminari yang sama, meskipun mereka berasal dari Gereja Partikular Katolik dan tradisi yang berbeda.



 
Kita bersaudara : Seorang suster Rasofora (Gereja Katolik Ruthenia) berfoto bersama dengan seorang imam biarawan dari Ordo St Dominikus (Gereja Katolik Romawi) dalam suatu acara bazaar Panggilan Hidup Membiara Gereja Katolik. 




Saling menguatkan : Para biarawan dari Biara Kebangkitan Kristus (Gereja Katolik Yunani Romania) menghadiri pengucapan kaul kebiaraan Para biarawati Biara Kristus Sang Mempelai (Gereja Katolik Ruthenia). Kedua Gereja adalah 2 dari 22 Gereja-Gereja Katolik Timur. Keduanya menggunakan Ritus Bisantin.



 
Meskipun beragam, namun satu : 3 biarawati Gereja Katolik Ruthenia (sebelah belakang, berpakaian hitam sebagai tradisi) bersama dengan seorang suster Gereja Katolik Romawi dari Ghana. Berbeda Gereja Partikular, berbeda Ritus, berbeda ras dan berbeda kebangsaan, namun satu dalam Gereja Katolik. We are a big family of Christ! Syukur kepada Allah!





Bekerja sama : Seorang biarawati Gereja Katolik Ruthenia dan seorang suster Gereja Katolik Romawi membuat kue apel bersama. Mari lakukan hal bersama demi kekasih kita, Yesus Kristus! 


Persatuan umat Kristen haruslah dimulai dari keluarga Gereja Katolik sendiri. Yaitu dengan mengenal dan menerima keberagaman yang telah ada sejak lama.  




 
( Ditulis dan diposting oleh DCS Evangelismos Katolik Timur. Sumber foto : para biarawan dan biarawati Gereja Katolik dan berbagai sumber  )






Tidak ada komentar:

Posting Komentar