Terkini :

  • Salam sejahtera bagi semua. Irini pasi. Selamat datang di Evangelismos Katolik Timur. Kami mensyiarkan Gereja-Gereja Timur yang bersatu dengan Roma; dan ada dalam himpunan Gereja Katolik sedunia. Yaitu Gereja-Gereja Timur yang untuk saat ini tidak tergabung dalam himpunan Gereja-Gereja Ortodoks.
  • Mohon ingatlah seluruh saudara-saudari Kristiani di dalam doa-doa saudara, khususnya mereka yang berada dalam hambatan dan penganiayaan. Salah satu doa yang dapat digunakan dapat dibaca DI SINI
  • Ayo bergabung dengan Page Facebook "Gereja Katolik Timur Indonesia" DI SINI
  • "First Without Equal". Tanggapan terhadap Patriarkat Moskow (Gereja Ortodoks Rusia) tentang Primasi. Terambil dari Situs resmi Patriarkat Konstantinopel (Gereja Ortodoks Konstantinopel) DI SINI. Atau dari Situs resmi Metropolitan Ortodoks Patriarkat Ekumenis di Hong Kong dan Asia Tenggara DI SINI
  • Penjelasan, Antifon, Teks Liturgi Pesta dan Hari Raya penting, dapat ditemukan DI SINI
  • Halaman depan dapat ditemukan DI SINI

Senin, 08 September 2014

Gelombang Solidaritas Kristiani dan Minoritas Irak


Semenjak kemunculan ISIS (Islamic State) dan dikuasainya kota-kota penting di Irak Utara, seperti Mosul, bersamaan itu pula terjadi penindasan dan pembantaian terhadap kelompok-kelompok minoritas di daerah-daerah yang dikuasai ISIS. Orang-orang Kristiani diberi 4 pilihan : menjadi Islam; membayar Jizyah (semacam pajak terhadap Non Muslim, yang jumlahnya besar dan memberatkan); keluar dari daerah itu; atau mati. Rumah-rumah mereka ditandai huruf “Nun”, yang berarti “Nasrani”, yaitu Kristiani menurut mereka.
 

Sebagian besar dari umat Kristiani Irak memilih pilihan ke-2 hingga ke-4, daripada pilihan pertama, karena hal itu dilakukan di bawah paksaan. Dan meskipun mereka membayar Jizyah, tetap saja mereka dipaksa untuk meninggalkan agama mereka; anak gadis dan kaum ibu dijual dan banyak yang diperkosa. Dan mereka berakhir dengan kehilangan nyawa. Dan hal ini terjadi juga atas kelompok-kelompok minoritas Non-Kristiani di Irak, seperti Yazidi dan Kurdi. 

Tidak berhenti di situ, ISIS pun melakukan pemusnahan masal terhadap kelompok-kelompok Islam yang tidak sealiran dengan mereka. Dalam tragedi kejahatan kemanusiaan kali ini yang dilakukan oleh ISIS, korban bukan saja kaum Non Muslim, melainkan juga umat Muslim sendiri yang berseberangan dengan ideologi yang dipercayai ISIS. 

Peristiwa ini terus terjadi hingga tulisan ini diturunkan. Dan bersamaan dengan itu pula, kecaman dari berbagai penjuru dunia terhadap ISIS terus bermunculan. Gelombang demonstrasi di berbagai kota-kota besar dunia terus bermunculan, menunjukkan simpati dan solidaritas terhadap umat Kristiani dan kelompok-kelompok minoritas Irak. 

Evangelismos Katolik Timur berkesempatan ikut ambil bagian dalam demonstrasi Solidaritas Kristiani dan Minoritas Irak, yang diselenggarakan di London, 7 September 2014. Demonstrasi ini dikoordinasi oleh “Demand For Action” dan “Aid to the Church in Need”. Mayoritas dari peserta adalah orang-orang Irak. Namun ternyata gerakan solidaritas ini menarik cukup banyak peserta dari berbagai etnis dan kebangsaan, seperti warga Inggris; etnis kulit hitam; Siria; dan Asia (Korea; Cina dan Indonesia diwakili oleh perwakilan Evangelismos Katolik Timur). Dan ternyata perwakilan dari berbagai agama lain turut hadir pula untuk berbicara mengutuk ISIS. Terlihat pula wanita-wanita Muslim yang berjilbab ikut serta dalam demonstrasi. Dan perwakilan dari masyarakat Muslim London ikut dalam pawai demonstrasi ini. Bahkan perwakilan dari komunitas Yahudi di London pun ikut serta dalam demonstrasi Solidaritas ini. 

Dalam demonstrasi ini, perwakilan masyarakat Muslim London dan beberapa tokoh Muslim menyatakan bahwa ISIS tidak sesuai dengan ajaran Islam. ISIS hanyalah kelompok teroris yang membajak Islam, menyebabkan kerusakan di muka bumi dan mempermalukan wajah Islam. Karena itu, mereka mengajak umat Muslim sedunia untuk menolak dan memerangi ISIS. Banyak pula umat Muslim turut mengenakan tanda “Nun” dan membawa salib sebagai tanda Solidaritas. 

Gerakan demonstrasi yang pada awalnya diperuntukkan sebagai gerakan Solidaritas bagi umat Kristiani di Irak, pada akhirnya berubah menjadi gerakan Solidaritas kemanusiaan bukan saja bagi umat Kristiani Irak, melainkan juga bagi kelompok-kelompok lain di Irak, termasuk pula Yazidi dan Islam. Gerakan demonstrasi ini menjadi gerakan bersama melawan ISIS, yaitu melawan gerakan teroris yang haus darah dan tidak mengenal moral kemanusiaan. 

Dalam demonstrasi ini pula berbagai perwakilan dari berbagai Gereja dan kelompok-kelompok gerejawi turut serta, seperti Gereja Katolik Khaldea dan kelompok gerejawi Anglikan.  

Tercatat pula bahwa pada minggu yang sama (6/7 September 2014), diadakan beberapa gerakan demonstrasi Solidaritas Irak di beberapa kota besar lain. Seperti di Ottawa Kanada dan Melbourne Australia. 

+ + + + + + +

Berikut ini beberapa foto gerakan-gerakan demonstrasi Solidaritas Irak dari berbagai dunia.
 
24.Juni.2014, Erbil Irak (http://www.aljazeera.com/, Ryan Rodrick Beiler, Al Jazeera)
 
24.Juni.2014, Erbil Irak (http://www.aljazeera.com/, Ryan Rodrick Beiler, Al Jazeera)
 
26.Juli.2014, London Inggris (http://iraq-solidarity.blogspot.co.uk/)
 
26.Juli.2014, London Inggris (http://iraq-solidarity.blogspot.co.uk/)
  
02.Agust.2014, Melbourne Australia (http://elizabethkendal.blogspot.co.uk/)
 
23.Agust.2014, Stuttgart, Jerman (CNS/Inga Kjer, EPA, http://www.cnewa.org/)

 

 

( Dilaporkan oleh : DCS Evangelismos Katolik Timur. )

 

Artikel terkait :

 


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar